Apel Kesiapsiagaan dalam Bencana Provinsi Sulut tahun 2021

Manado 21-04-2021 Apel kesiapsiagaan dalam bencana dilakukan di Lapangan KONI Sario Kota Manado. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dengan callsign kehormatan YB8TOD memimpin langsung apel tersebut.

Apel siaga diikuti oleh jajaran Forkopimda Sulut,TNI, Polri, Basarnas, Orari dan PMI. Untuk ORARI Daerah Sulawesi Utara menerjunkan 30 anggotanya yang terdiri dari anggota Lokal Manado, Tomohon dan Minahasa.

Kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah dan semua elemen masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana, guna meminimalisir dampak resiko yang ditimbulkan akibat bencana alam.

Mengingat banyak potensi bencana alam, seperti: banjir, tanah longsor, gempa bumi, angin puting beliung dan gelombang pasang. Apalagi Sulawesi Utara masuk dalam kategori beresiko tinggi sesuai data Indeks Resiko Bencana Indonesia.

Seperti prediksi BMKG yang telah meng Analisis Siklon Tropis Surigae di perairan Filipina yang sangat berdekatan dengan Sulawesi yang dapat menyebabkan dampak angin kencang, hujan lebat dan memicu banjir dan longsor.

Untuk itu Gubernur Sulawesi Utara dalam apel tersebut berharap agar seluruh elemen masyarakat agar terus bersama-sama Pemerintah Daerah dalam penanggulangan bencana di Provinsi Sulawesi Utara khususnya.(\2TFB)

Kontributor dan Foto: James Mottoh – YB8TNJ

Tinggalkan komentar