Pendampingan JOTA 2020 Orari Lokal Gunungkidul

Selama 3 hari, 16-18 Oktober 2020 mendampingi adik-adik Penegak Kwarcab 1203 Kabupaten Gunungkidul dalam kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) 2020.

Stasiun JOTA Kwarcab Gunungkidul dengan Callsign YH2UJD di bawah penanggungjawab langsung Bapak Dokter H. Sri Raharto, M.Kes, YB2VLB yang merupakan Ketua Orari Lokal Gunungkidul.

Untuk memudahkan pendampingan maka stasiun JOTA YH2UJD dipecah menjadi 4 tempat, yaitu bertempat di rumah:

  1. Bapak Dr. H. Sri Raharto, M.Kes YB2VLB.
  2. Mbah Bayu (Bapak Sarwa Sugiharja, SH., S.Pd), YB2WUW.
  3. Bapak Bambang Sugito, BA., S.H, YB2WWT
  4. Bapak Chandra (Bapak Andri Mangku Utomo), YD2ULK.

Kwarcab Gunungkidul menerjunkan 10 personil Pramuka Penegak yang didampingi langsung oleh Pengurus / Anggota Orari Gunungkidul selama melakukan komunikasi (QSO). Pendampingan ini sangat diperlukan supaya mereka mampu berkomunikasi sesuai operating procedure, mahir menggunakan kode Q (Q- code) dan yang terpenting tidak menggunakan kanal frekwensi yang dilarang, misalnya tidak menggunakan frekwensi emergency.

Selama 3 hari adik-adik peserta JOTA berhasil melakukan QSO dengan jumlah total 56 stasiun, yaitu pada tanggal 16 Oktober 2020 dengan 18 stasiun dalam negeri, tanggal 17 Oktober 2020 dengan 28 stasiun dalam negeri dan 3 luar negeri, tanggal 18 Oktober 2020 ber-QSO dengan 20 stasiun dalam negeri. Stasiun luar negeri berasal dari : United Kingdom, Luxerberg. dan Philipine. Sebuah capaian yang sangat luar biasa dan membanggakan, mengingat Kwarcab Gunungkidul baru kali ini melaksanakan JOTA secara teroganisir, terencana, dan terukur dengan baik, berkat kerjasama yang manis antara Kwarcab Gunungkidul dengan Orari Lokal Gunungkidul (OLG).

Saya merasa sangat beruntung berkesempatan mendampingi adik-adik yang sangat luar biasa ini. Begitu diajari sekali langsung lihai berkomunikasi di perangkat HF.

CQ JOTA CQ JOTA CQ JOTA.

Di sini stasiun JOTA YH2UDJ Kwarcab Gunungkidul memanggil stasiun JOTA setanah air. Adakah yang mendengar panggilan kami …..

Mungkin panggilan itu akan kita ulang tahun depan ya Dik….

Akhirnya…
Selamat dan sukses untuk kalian. Kakak bangga padamu.

  1. Cerio

Sumber: YD2UWB/facebook https://www.facebook.com/masgurupram

Tinggalkan komentar