1st time Summit to Summit in Indonesia Activator QSO With DX Station YBJ/YO-003 IJO Mountain

06 Febuari 2021 Galih – YC2VOC kembali menggetarkan angkasa melalui SOTA (Summits On The Air) Aktivasi Gunung Ijo YBJ/YO-003 yang belum terjamah oleh aktivator lain. Sebelumnya Galih – YC2VOC telah “menakhlukkan” Gunung Sudimoro pada Summit On The Air – SOTA YBJ/YO-004 akhir bulan yang lalu.

Aktivasi Gunung Ijo yang masuk daftar SOTA Provinsi Yogyakarta ini, Galih tak sendiri, ditemani oleh Muhammad Habib – YD2UIJ. Dengan medan menuju Puncak Gunung Ijo yang sedikit kesusahan, karena jalan terhalang rumput-rumput liar dan sempat beberapakali salah jalur.

Tapal batas antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta

Terbayar sudah lelah sang aktivator, berhasil menginjakkan kaki di Puncak Gunung Ijo yang merupakan tapal batas antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan cuaca yang bersahabat keduanya segera mendirikan antena 40m dan 20m band (Inverted V) dan melakukan CQ.

Hal luar biasa terjadi, aktivasi Gunung Ijo ini menjadi tonggak dimana stasiun SOTA dapat melakukan Summit to Summit dengan dua stasiun DX dari Negara Jepang, melalui 20m band dengan mode CW. Ini merupakan pertama kalinya terjadi di YB land (Indonesia) berhasil melakukan Summit to Summit dengan stasiun DX.

Tak hanya terjadi dua Summit to Summit dari Jepang yang sedang melakukan kegiatan yang sama yaitu JP3PPL/3 kode SOTA JA/HG-269 dan JS1UEH/1 kode SOTA JA/IB-010, tapi juga dengan 6 stasiun DX yang lain juga dapat terhubung melalui band dan mode yang sama, tak terkecuali dua stasiun dari dalam negeri.

Selain dengan mode CW, mode SSB pada 40m band dengan BITX Bixen/ QRP berhasil kontak dengan 20 stasiun. Simak keseruan lengkapnya dalam vidio pada chanel YC2VOC Radio Happy diatas.(\tfb)

Kontributor: GALIH SURYANANTO, SE – YC2VOC

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s