Apa Yang Harus Dilakukan Jika Tidak Bisa Masuk di Apps ORARI?

Seperti diketahui pada postingan sebelumnya syarat untuk bergabung di ORARI dan apa yang harus dilakukan, Jika ingin bergabung di ORARI kita harus mengikuti Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) dengan mendaftar secara online melalui website SDPPI.

Setelah ujian dan dinyatakan lulus kita akan mendapatkan Ijin Amatir Radio (IAR) dengan mendapatkan nama panggilan atau Callsign.
Sesuai Peraturan Menteri KOMINFO No. 17 Tahun 2018 Pasal 53 bahwa Setiap Amatir Radio Indonesia wajib menjadi anggota ORARI paling lama 30 (tiga puluh) hari kerja setelah IAR diterbitkan. dan Pasal 83 bahwa Direktur Jenderal mencabut izin apabila melanggar ketentuan Pasal 53 setelah diberikan peringatan tertulis sebanyak 2 (dua) kali berturut-turut dengan tenggang waktu peringatan masing-masing 15 (lima belas) hari.
Surat peringatan tertulis biasanya dikirim melalui email yang teregistrasi pada akun pendaftaran yang dikirim oleh SDPPI.

Untuk itu sesuai peraturan tersebut setelah mendapatkan IAR diwajibkan untuk menjadi anggota ORARI, namun bagaimana cara menjadi orari?
Perlu diketahui jika ingin menjadi anggota ORARI, kewajiban yang pertama adalah membayar IURAN sesuai AD/ART melalui Aplikasi keangggotan ORARI atau disebut dengan ORARI Apps (Aplikasi mobile yang dibuat untuk Sitem keanggotaan daring/online ORARI.
Aplikasi Keanggotaan ORARI atau disebut dengan ORARI Apps adalah aplikasi mobile yang dibuat untuk Sistem Keanggotaan Daring ORARI.

Sejak 12 September 2019 aplikasi mobile ORARI Apps sudah tersedia untuk sistem operasi Android 6.0 dan sekarang sudah mengalami update beberapa kali dengan versi berbeda. Lebih jelasnya Anda bisa baca tentang Downloud Aplikasi Orari Untuk Elektronik Tanda Anggota eKTA pada postingan terdahulu.
Untuk mengunduh atau downloud aplikasi ORARI Apps versi terbaru silahkan > DOWNLOUD DISINI <

Setelah kita downloud dan instal di handphone, kita bisa login dengan menggunakan nama panggilan/ Callsign yang telah diterbitkan setelah mengikuti ujian, dengan password untuk pertama kali masuk menggunakan Nomer IAR yang diterbitkan oleh SDPPI. Jika login gagal( biasanya dengan peringatan ” Terjadi Kesalahan – Login Gagal silahkan hubungi Administrator atau ulangi kembali”) kita bisa request password dengan email yang terdaftar dan email yang bisa kita akses. Beberapa saat silahkan ceck email masuk dari ORARI, password akan dikirim melalui email tersebut.

Setelah berhasil login, unggah dokumen berupa foto berlatar merah, foto KTP berwarna, Kartu Tanda Anggota lama (jika anggota lama) jika anggota baru isi kolom dengan potongan eIAR pada sisi keanggotaan sebelah kiri, dan pada kolom IAR unggah foto IAR full dengan gambar yang jelas.
Setelah dokumen diungah dan tercentang warna hijau lakukan pembayaran IURAN yang besaran dan rinciannya dapat dilihat dengan menekan tombol IURAN yang ada di aplikasi tersebut. pilihan cara bayar dengan virtual account dapat dipilih pada tombol “BAYAR”. Cara bayar melalui virtual account dapat Anda lihat atau UNDUH disini.

Setelah semua dokumen dan IURAN dibayar, tunggu admin Orari Pusat untuk memverifikasi.
Verifikasi biasanya tak perlu menunggu lama jika unggahan dokumen sesuai dan jelas terbaca dengan baik oleh admin. Jika ada kesalahan Orari Pusat akan memberikan peringatan melalui email untuk memperbaiki kesalahannya. lakukan apa yang diminta admin, misalnya KTP tidak jelas atau foto dengan posisi yang kurang pas, crop gambar yang tidak sesuai, gambar miring atau terpotong, SEGERA LAKUKAN UNGGAH ULANG DOKUMEN yang benar. Dan tunggu admin memverifikasi ulang.
Setelah diverifikasi Tanda Anggota dapat di downloud melalui Apps ORARI tersebut, pastikan keanggotaan Anda sudah berwarna BIRU di akun SDPPI dengan tulisan “ Sudah Menjadi Anggota” yang sebelumnya berwarna kuning dengan tulisan “Belum menjadi Anggota“.
Jika Tanda Anggota sudah dapat didownloud dan status keanggotan organisasi di SDPPI sudah Menjadi Anggota, Anda telah resmi mendapat IAR dan Tanda Anggota di ORARI, dan dapat menggunakan hak Anda sesuai peraturan yang berlaku.

Seperti dikatakan diatas, Jika Anda kesulitan masuk di Apps ORARI dengan menggunakan password nomer IAR tidak bisa, maka harus menghubungi admin atau request passoword. Namun jika setelah request password dan password yang untuk login ternyata ada peringatan “Callsign Anda Telah Kadaluarsa Terhitung sejak (Tanggal-Bulan-Tahun) dan Anda tidak dapat melanjutkan proses selanjutnya seperti diatas, maka sebaiknya Anda menghubungi pengurus ORARI Lokal setempat, agar disampaikan ke Orari Daerah untuk diteruskan ke pusat melalui perwakilan masing-masing Orari Daerah yang telah ditugaskan. Karena pemilik Callsign lama yang diterbitkan SDPPI setelah Anda UNAR masih tercatat di database Orari Pusat (inilah yang dinamakan CALLSIGN GANDA).

Perwakilan Orari Daerah akan menyampaikan ke Orari Pusat dengan melampirkan eIAR hasil UNAR Anda, agar callsign lama yang masih ada di database ORARI dihapus, tentunya Orari Pusat akan berkoordinasi dengan SDPPI. Untuk itu perlu sedikit kesabaran extra, karena M2M atau Mesin To Mesin SDPPI dan orpus belum nyambung/ sinkron. Hal ini tentu akan memakan waktu yang tidak cukup satu atau dua hari untuk menunggu pemilik Callsign lama dihapus, semoga saja tidak sampai masuk masa tenggang 30 hari yang diberikan sesuai Peraturan Menteri KOMINFO No. 17 Tahun 2018 Pasal 53 yang bunyinya seperti tertulis diatas. Hal inilah yang menjadi kendala teman-teman calon anggota dan beberapa pengurus Lokal maupun perwakilan dari Daerah yang kadang menunggu tidak sabar akibat system M2M belum berjalan semestinya.

Alternatif lain Anda dapat menghubungi Call Center Orari Pusat atau melalui email orari.kta@gmail.com

Menunggu itu kadang membosankan, dan tak jarang menimbulkan penyakit” keep smile!!!

7 tanggapan untuk “Apa Yang Harus Dilakukan Jika Tidak Bisa Masuk di Apps ORARI?”

  1. As. Gimana cara mengatasi jika kita tidak bisa masuk di aplikasi dikarenakan kita tdk punya akses ke email yg kita gunakan disaat pertama kali mendaftar. Mohon pencerahannya

    1. Biasanya untuk login pertama kali menggunakan nomor eIAR. Jika belum pernah dirubah atau di update bisa login.
      Tapi jika lupa password, dapat request melalui apps dengan memasukkan callsign dan alamat email yg terdaftar atau pernah tercatat di apps saat melengkapi data terdahulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s